Home » , » Fitur Baru Microsoft Word 2010 yang mempesona

Fitur Baru Microsoft Word 2010 yang mempesona

Written By Unknown on Friday, August 30, 2013 | 9:16 AM

Dengan hadirnya Microsoft Office 2010, sudah barang tentu banyak fitur-fitur baru yang disematkan pada aplikasi ini. Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya (Microsoft Office 2007), pada versi 2010 ini banyak menambahkan fitu yang belum tersedia di versi 2007. Diantara banyak fitur yang ditawarkan tersebut ada beberapa yang menarik buat saya (baru beberapa fitur yang saya temukan) karena memang sangat membantu saya bekerja dengan Word 2010.
Berikut beberapa fitur terbaru Word 2010 :
  1. Text Effect
    Fitur yang sebelumnya terdapat pada Microsoft Office Power Point ini sekarang sudah digunakan juga pada MS Word 2010. Dengan fitur ini kita dapat mengatur tampilan tulisan dengan sangat mudah dan cepat.

    Fitur baru microsoft Word 2010
    text effect
  2. Word Count
    Dengan fitur ini kita dapat mengetahui jumlah halaman, jumlah kata, jumlah karakter, jumlah paragrap, dan jumlah baris dalam dokumen yang kita buka.

    Word Count
    word count
  3. Paste Option
    Jika pada Ms Office 2003 kita hanya disediakan fasilitas copy-paste standar, maka pada Ms Office 2010 disediakan pilihan opsi untuk menu paste. Misalnya kita meng-copy text dari internet, maka jika di-paste di Ms Word 2010, disediakan pilihan apakah akan dipaste sesuai text aslinya, atau hanya textnya saja dan emnghilangkan link yang ada di dalamnya. Untuk lebih jelasnya silakan dicoba dengan klik tanda panah dibawah tulisan paste (menu paste terdapat pada Tab Home)

    Paste Special
    paste option
  4. Screenshot
    Ms Word 2010 menyediakan menu Screenshot pada Tab Insert, menu ini berguna untuk mengambil gambar layar (screen capture) yang terbuka (tidak di minimize). Dengan menekan menu screen shot maka akan ditampilkan pilihan layar mana yang akan dipaste di ms word.
    Tak Cuma itu, di menu Screenshot juga tersedia menu Screen Clipping, yang memungkinkan kita memilih bagian layar yang akan di capture.
    Screenshot
    screenshot

  5. Document Protection
    Ms Word 2010 menyediakan pilihan proteksi dokumen yang lebih beragam dibanding dengan versi sebelumnya, selainproteksi dengan password, juga tersedia proteksi terhadap editing, penambahan digital signature, dan lain-lain.

    fitur baru microsoft word
    protect document
  6. Picture Editing
    Pada Tab Picture Tools (format) Ms Word 2010 menambahkan menu  Artistic Effect yang berisi 20 lebih efek artistik, antara lain: Pencil Sketch, Cement, Photocopy, dan lain-lain.
    Juga Tersedia menu Color untuk koreksi, yang terdiri dari Saturation, Tone, atau Recolor; Corrections: Sharpen & Soften, Brightness & Contrast).
    Ms Word 2010 juga menyediakan menu Remove Background untuk editing gambar.

    Image Editing
    picture editing
  7. Smart Art
    Jika Anda terbiasa menggunkan Smart Art, pada Ms Word 2010 banyak terdapat penambahan fitur, antara lain dengan menambahkan sekitar 50 diagram SmartArt hingga totalnya menjadi 130 lebih. Terdapat tambahan menu baru pada pilihan Smart Art Diagram, yaitu Picture yang memang difokuskan untuk Gambar.

    Smart Art
    menu baru
    Kualitas gambar juga diperbaiki dimana gambar ditampilkan dengan lebih detail, tidak seperti pada Ms Word 2007 yang tampilan gambarnya terkesan buram dan pecah-pecah.

    Fitur baru Microsoft Word 2010
    gambar lebih jelas
Dapat pula mengkonversi gambar menjadi Smart Art dengan tambahan menu Picture Layouy pada tab Picture Tools.
Fitur baru Microsoft Word 2010
picture layout
Demikian beberapa fitur baru yang saya temukan di Microsoft Word 2010, meskipun masih banyak fitur lain yang ditambahkan, yang belum saya temukan sehingga belum termuan dalam tulisan ini.
Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Artikel Terbaru

Popular Posts

Powered by Blogger.
 
Support : Makin Hijau | Mas Kowa | Blogger
Copyright © 2013. bambu media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger