Home » , » Menulis Huruf Arab di Microsoft Word 2010

Menulis Huruf Arab di Microsoft Word 2010

Written By Unknown on Thursday, January 30, 2014 | 3:08 PM


Sebagai pengguna Windows dan Microsoft Office, mungkin anda pernah dituntut untuk menulis beberpa huruf Arab dalam naskah anda. Hal yang diperlukan adalah mengubah Language Windows menjadi Arabic, umumnya yang dipakai adalah Arabic(egypt). Sebelum mulai menulis, pastikan dulu bahwa Bahasa Arab (AR) telah muncul di Language Bar anda. Posisi language bar berada di sebelah kanan bawah Dekstop.

Language Bar Arabic
Gambar 1. language bar
Pada gambar diatas, terlihat bahasa arab telah muncul di language bar, jika belum muncul, ikuti langkah-langkah berikut (dalam kasus ini saya pakai windows 7) :
  1. Pertama masuk ke menu Control Panel (Klik Start kemudian klik Control Panel).
  2. Setelah kotak kontrol Panel Terbuka, klik pada menu Region and Language.
  3. Kemudian  pada tab Format pilih Arabic (Egypt), selanjutnya tekan Apply, maka selain menampilkan Bahasa Arab di Languge Bar, seluruh format tanggal dan waktu di komputer anda akan berubah ke format arab. Anda bisa mengubah kembali ke format Indonesia, kemudian tekan OK, maka format tanggal dan waktu akan kembali ke Format semula.
  4. Jika berhasil, maka ketika anda klik pada ikon language bar, maka akan muncul seperti gambar 1
Untuk memulai menulis, pertama buka dulu Microsoft Word, setelah terbuka, tinggal klik pada language Bar, kemudian pilih AR Arabic (egypt), jangan lupa pilih tombol Rigt to Left pada microsoft Word (lingkaran hitam pada gambar), untuk menulis dari kanan ke kiri.

Microsoft Word
MicrosoftWord

Tentu anda harus menghafal satu persatu huruf arab jika anda tidak memiliki Keyboard yang menyertakan huruf arab pada tombolnya. Sebagai gantinya, Windows menyediakan On-Screen Keyboard yang dapat menampilkan huruf arab.

On Screen Keyboard
On-Screen Keyboard
Menu ini dapat anda akses dengan Klik pada tombol Start kemudian All Programs, Accessories, Ease of Access, kemudian pilih On-Screen Keyboard.
Jangan lupa, klik language Bar kemudian pilih AR Arabic(Egypt) untuk menampilkan keyboard arab.
     

Demikian semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Popular Posts

Powered by Blogger.
 
Support : Makin Hijau | Mas Kowa | Blogger
Copyright © 2013. bambu media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger