Home » , » Pengertian Permalink Fungsi dan Pengaturannya

Pengertian Permalink Fungsi dan Pengaturannya

Written By Unknown on Tuesday, March 18, 2014 | 11:17 AM

Bagi sebagian besar blogger pemula seperti saya, tak banyak yang saya pahami mengenai fasilitas permalink yang disediakan oleh blogger. Berangkat dari ketidak tahuan itu saya mencoba mencari apa dan untuk apa permalink itu. Dan berikut informasi yang berhasil saya kumpulkan.
Yang pertama mari kita bahas apa itu permalink. Ya......permalink adalah singkatan dari Permanent Link. Dari namanya sudah terlihat bahwa permalink adalah link permanen yang mengarah pada suatu posting di sebuah website. Link ini bersifat spesifik, yang langsung menuju sebuah posting di website, seperti contoh berikut :


http://makinhijau.blogspot.com/2014/03/pengertian-permalink-fungsi-dan.html
Seperti pada umumnya website builder, blogger telah menyediakan fasiltas untuk membuat permalink secara otomatis, sehingga kita tidak perlu dipusingkan dengan urusan link. Meskipun demikian, permalink ini sangat penting untuk di perhatikan. Hal ini karena blogger secara otomatis membuat permalink dari judul posting yang kita buat, sehingga ketika suatu saat kita merubah judul postingnya, maka secara otomatis permalink ini berubah menyesuaikan dengan judul.
Bisa anda bayangkan jika link sudah terlanjur di share, maka pembaca yang klik pada link yang telah kita bagikan dijamin tidak menemukan artikel yang dimaksud.
Untuk menghidari hal tersebut maka blogger menyediakan dua pilihan, yaitu : Automatic Pemalink dan Custom Permalink.
Penggunaan Custom Permalink di Blogger
permalink
Automatic Permalink : jika memilih opsi ini maka blogger secara otomatis membuat link sesuai dengan judul poting kita. Sebagai konsekwensi, jika suatu saat kita merubah judul posting, otomatis link juga berubah mengikuti perubahan judul.
Kelemahan lainnya jika judul posting terlalu panjang, maka blogger akan memotong judul tersebut sehingga terkadan link-nya tidak nyaman dibaca (seperti contoh link diatas).
Custom Permalink : Jika kita menggunakan metode ini, link dapat kita atur sesuai keinginan kita. Link yang dibuat dengan Custom Permalink tidak akan berubah meskipun kita mengganti judul posting. Selain itu, dengan Custom Permalink kita dapat membuat link yang panjang sesuai judul, karena blogger tidak akan memotong link-nya. Contoh link yang menggunakan Custom Permalink :
http://makinhijau.blogspot.com/2014/03/pengertian-permalink-fungsi-dan-pengaturannya.html
Dengan Custom Permalink, selain link tidak akan berubah saat judul posting diganti, dari contoh diatas juga tampak judul posting bisa dibuat link secara penuh tanpa terpotong.

Jadi, berdasarkan pengalaman saya sebagai newbie, menggunakan Custom Permalink jauh lebih menguntungkan, walupun dibutuhkan sedikit kesbaran membuat Custom Link.

Baca Juga Artikel Berikut :

Mengoptimalkan Posting Artikel di Blogger 
Membuat Blog Gratis di Blogger.com

Artikel Terbaru

Popular Posts

Powered by Blogger.
 
Support : Makin Hijau | Mas Kowa | Blogger
Copyright © 2013. bambu media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger