Home » , » Tips Aman Berbelanja On-Line

Tips Aman Berbelanja On-Line

Written By Unknown on Friday, October 17, 2014 | 1:39 PM

Bagi sebagian orang berbelanja on-line terdengar masih asing, dan mungkin masih menyisakan pertanyaan mendasar "Amankah ?". Seiring mudahnya akses internet, belanja on-line pun menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang malas keluar rumah. Namun tak jarang, banyak yang merasa ragu untuk berbelanja online dengan berbagai macam alasan, salah satunya takut tertipu. 
Bagi anda yang masih ragu berbelanja on-line, tips berikut mungkin dapat membantu anda mengurangi resiko penipuan dalam berbelanja on-line.
Tips Aman Berbelanja On-Line :
  1. COD (Cash on Delivery)
    Sistem Cash On Delivery (COD) atau bayar ditempat merupakan cara paling aman berbelanja. Berbelanja on-line tidak melulu harus pesan-bayar-kirim, kita bisa juga mengamati barang yang akan dibeli melalui iklan di internet, setelah ketemu barangnya kita bisa datang langsung ke penjualnya, kemudian cek kondisi barangnya dan tinggal bayar sesuai harga yang diminta. Cara ini memang paling aman, namun hanya bisa dilakukan jika lokasi penjual dan pembeli berdekatan.

  2. Pastikan Anda Tahu Penjualnya.
    Jika lokasi anda memang jauh dan tidak mungkin menggunakan sistem COD, pastikan bahwa anda mengetahui penjualnya, lebih baik jika anda mengenal penjualnya. Bila tidak kenal, lihat rekam jejak penjual tersebut. Seorang penjual yang baik, tentu akan mendapat testimoni baik juga dari pelanggannya, nah dari testimoni ini bisa kita bisa mengenali si penjual, apakah penipu atau bukan.

  3. Gunakan Rekening Bersama
    Untuk jaminan keamanan, ada baiknya anda membeli ke penjual on-line yang sudah menggunakan rekening bersama, sehingga anda mendapat jaminan uang kembali jika memang anda sudah transfer uang dan si penjual tidak mengirim barang yang anda beli.
    Baca Pentingnya Rekening Bersama Untuk Transaksi Online

  4. Ketahui Detail Domain Sang Penjual
    Jika anda berbelanja di toko on-line, anda bisa cek identitas pemilik situs webnya melalui detail domainnya. Memanfaatkan situs domain lookup seperti whois.com bisa jadi opsi untuk mengetahui detail pemilik toko online. Pemilik toko online yang terpercaya tentu akan menyertakan nama dan alamat yang jelas dan nomor telepon yang bisa dihubungi di detail domain miliknya. Jika di detail domain banyak data dirahasikan, bisa dipastikan toko itu adalah tipu-tipu.

  5. Verifikasi Website Penjual.
    Memanfaatkan situs verifikasi toko online juga merupakan cara yang dianjurkan. Di situs ini anda bisa mendapatkan rekomendasi, toko online mana saja yang bisa dipercaya. Anda juga bisa minta bantuan untuk mengecek apakah toko online yang anda kujungi bisa dipercaya atau tidak. Anda bisa mengunjungi salah satu situs verifikasi toko online di Indonesia yaitu polisionline.com

Artikel Terbaru

Popular Posts

Powered by Blogger.
 
Support : Makin Hijau | Mas Kowa | Blogger
Copyright © 2013. bambu media - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger